Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

StarCraft

StarCraft (SC) adalah game real-time strategi (RTS) komputer yang diperkenalkan oleh Blizzard Entertainment pada tahun 1998. Game ini banyak kemiripan
baik dalam segi gameplay (single player maupun multiplayer) dan grafis dengan dengan game pendahulunya yaitu Warcraft II, terkecuali bahwa Starcraft memiliki setting cerita dengan yang memiliki cerita yang jauh di masa depan. StarCraft adalah permainan yang memiliki nilai penjualan terbaik dan terbesar di tahun 1998 dan sukses sehingga Blizzard diperkirakan pada tahun 2004 yang 9,5 juta salinan StarCraft telah terjual sejak rilis (4,5 juta kopi di Korea Selatan), dan menjadikannya keempat terlaris dalam sejarah game komputer (3 besarnya antara lain: The Sims, The Sims 2 dan World of Warcraft). Pada tahun 2009 Guinness Book of World Records mengkonfirmasi StarCraft sebagai game RTS terbaik yang pernah dijual, yaitu sebesar 9,5 juta kopi. StarCraft dipuji karena menjadi acuan RTS untuk kedalaman, intensitas, dan ras seimbang.

Alur cerita utama dari permainan berputar di sekitar perang antara tiga spesies galaksi: Protoss (ras prajurit humanoid yang religius), Zerg (alien serangga-seperti keji yang memiliki berbagai sarang di seluruh sektor Koprulu) dan Terran (awalnya, keturunan tahanan manusia dari Bumi yang akhirnya mengeksplorasi seluruh galaksi dan membangun pemerintahan planet yang berdaulat). Pada awalnya dirilis untuk Windows, dan kemudian untuk Macintosh dan Nintendo 64.

(gambar atas) Poster Propaganda Mengsk pada grup Sons Of Korhal
Kisah StarCraft kita mulai dengan campaignnya, dan setiap misi di campaign memiliki instruksi dan percakapan antar tokoh dalam misi itu sendiri, bersama dengan penggunaan adegan-adegan sinematis di poin-poin tertentu setelah kita menyelesaikan misi tertentu. Permainan itu sendiri dibagi menjadi tiga episode, yaitu episode untuk ras Terran, Zerg, dan Protoss. Pada segmen pertama dari permainan, Jim Raynor sedang berusaha untuk mengendalikan koloni Mar Sara darig serangan Zerg yang menginvasi. Setelah Confederacy mengetahui bahwa Jim Raynor telah menghancurkan Command Centre yang sebenarnya juga terinfeksi oleh zerg, Confederacy pun menyatakan Jim Raynor Sebagai pemberontak dan menagkapnya. Setelah itu sebuah grup pemberontak membebaskan Jim Raynor dan setelah itu Jim Raynor pun bergabung dengan Arcturus Mengsk, pemimpin pemberontak itu, yaitu Sons of Korhal. Raynor pun melakukan berbagai misi yang diberikan oleh Mengsk. Setelah mencapai keinginannya untuk menguasai Psi Disrupter, Mengsk kemudian mulai menggunakan teknologi yang diambil dari Mar Sara itu untuk mengendalikan Zerg dari instalasi Konfederasi dan selanjutnya Mengsk menggunakan Psi Disrupter itu untuk tujuannya sendiri. Setelah berbagai konfrontasi dengan Konfederasi, akhirnya Mengsk dapat membuat Jendral Edmund Duke untuk bergabung dengannya, setelah Jim Raynor menyelamatkan Duke dari serangan Zerg di koloni Antiga Prime. Lalu Mengsk mengorbankan satu-satunya informannya dari agensi Ghost Konfederasi, Sarah Kerrigan, untuk memastikan penghancuran Konfederasi dengan membuat Zerg menginvasi Tarsonis (namun hal ini mengundang Protoss muncul untuk memusnahkan Zerg setelah Zerg menginvasi Tarsonis), ibukota Konfederasi, dan setelah itu, Tarsonis yang awalnya adalah planet besar dengan kota-kotanya yang megah hanya tinggal reruntuhan setelah peperangan antara Zerg dan Protoss dengan pasukan Kerrigan sebagai pemicu dan orang ketiga. Namun, telah diketahui bahwa Kerrigan pernah mengikuti eksperimen Konfederasi untuk mengendalikan dan menjinakkan Zerg, namun eksperimen itu gagal, tetapi Kerrigan malah berhasil menguasai kekuatan untuk mengendalikan dan menjinakkan Zerg walaupun kecil kemungkinannya, dan sampai dia memiliki ikatan batin dengan Overmind. Peperangan yang terjadi di New Gettysburg, ibukota Tarsonis membuat Kerrigan mati di tangan zerg. Jim Raynor pun marah setelah menyadari tujuan Mengsk sebenarnya adalah hanya ingin memperoleh kekuasaan di setiap planet di Sektor Koprulu untuk keuntungannya semata, dan akhirnya Jim Raynor pun keluar dari organisasi Sons of Korhal. Mengsk mengreorganisir apa yang tersisa dari penduduk Terran di setiap planet yang tersisa dan Mengsk pun menyatakan dirinya sebagai Kaisar dipemerintahan Dominionnya yang baru di Sektor Koprulu.


(Gambar kiri) Sarah Kerrigan. Campaign kedua pun menceritakan bahwa Kerrigan tidak dibunuh oleh Zerg, melainkan ditangkap dan diantar menuju ke planet Char untuk dirubah oleh Overmind, penguasa Zerg, menjadi Queen of Blades agar suatu saat Kerrigan bisa menjadi pemimpin ras Zerg ketika Overmind mati suatu saat nanti. Kerrigan pun terinfeksi oleh Zerg saat dia harus menjalankan misi untuk meretas sistem super komputer lama konfederasi, dan lalu setelah di dieramkan di dalam kolam gen Zerg, DNA-nya benar-benar berubah, dan secara sempurna berubah menjadi Queen of Blades. Sementara itu, pemimpin protoss, Executor Tassadar mengetahui bahwa cerebrates, yaitu kaki tangan Overmind, tidak bisa dibunuh dengan cara biasa, tetapi mereka dapat dihancurkan dengan kekuatan yang dimiliki oleh Dark Templar, bangsa Protoss yang berkhianat dan musuh bebuyutan Templar di Aiur. Tassadar pun bersekutu dengan Dark Prelate Zeratul, yang telah membunuh salah satu cerebrates Zerg di sarang mereka pada Planet Char. Namun akibat dari tindakan Zeratul tersebut, pikiran Zeratul pun terhubung dengan pikiran overmind, yang memungkinkan Overmind dapat mempelajari lokasi planet utama bangsa Protoss, Aiur, yang telah Overmind cari selama ribuan tahun. Zerg segera menyerang Aiur dan meskipun perlawanan dari Protoss sangat berat, Overmind pun mampu menanamkan dirinya ke dalam kerak planet Aiur.


(gambar kiri) Pengorbanan Tassadar. Episode terakhir menceritakan bahwa Overmind (Penguasa dan pengendali bangsa Zerg) menginvasi Aiur, Planet utama bangsa Protoss, dan seketika Aiur dipenuhi oleh Zerg dan Overmind pun berhasil bertengger di sana. Executor Aldaris sebagai pemimpin Aiur dan pemerintahan Protoss pun menyatakan Tassadar sebagai pengkhianat karena telah bersekutu dengan Dark Templar. Aldaris pun berusaha untuk mempertahankan Aiur dari invasi Zerg sambil berusaha untuk menangkap Tassadar dan sekutunya, namun lama-kelamaan, perang sipil Protoss di Aiur pun meletus, pihak Tassadar, Zeratul, dan sekutunya (Jim Raynor dan beberapa Terran) melawan pemerintahan Protoss setelah gagalnya negosiasi dan percobaan pembunuhan pada Tassadar pada saat negosiasi tersebut. Dark Templar pun membuktikan kehebatannya dengan membunuh 2 cerebrate Zerg di Aiur dengan energi Protoss mereka, dan setelah itu Conclave (Dewan tertinggi Protoss di Aiur) pun bersatu dengan Dark Templar. Dibantu oleh pasukan Raynor yang telah kembali dari Char, Tassadar dan pasukan Protossnya pun mengambil tindakan penyerangan pada pertahanan Overmind yang melemah dan pada akhirnya dapat menghancurkan cangkang terluar Overmind, tetapi penyerangan ini menelan banyak korban jiwa. Karena tak memiliki strategi lain untuk menghancurkan Overmind, Tassadar pun mengorbankan dirinya dengan menyalurkan energi psionicnya dengan kombinasi dengan energi dari Dark Templar dan mengantarnya melalui lambung kapal komandonya. Akibatnya kapal itu pun menabrak Overmind dan melepaskan energi yang cukup dahsyat untuk menghancurkan Overmind dan beberapa makhluk Zerg lainnya yang masih bertahan didekat overmind itu. Overmind pun mati disusul dengan kematian Executor Tassadar. Namun Aiur pun menjadi planet yang hanya tinggal sisa reruntuhan teknologi dari bangsa protoss. Bangsa Protoss pun pergi meninggalkan Aiur dan berkoloni di planet-planet yang lain dan beberapa diantaranya bergabung untuk melindungi Artifak legendaris Xel'Naga. Cerita ini pun berakhir dengan kesuraman bahwa peperangan yang terjadi masih belum berakhir dan ancaman lain masih tertidur sehingga pada suatu hari akan tiba saatnya untuk bangun dan memusnahkan seluruh peradaban di seluruh alam semesta
(Gambar kanan) Kehancuran Overmind


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar